Rabu, 27 Juli 2016

Jenis dan Prinsip Radar

Keyword             : Radar doppler, Radar Bistatic, radar citra, sistem radar
Jenis-jenis Radar
  • Doppler Radar
    Radar doppler merupakan jenis radar yang menggunakan efek Doppler untuk mengukur kecepatan radial dari sebuah obyek yang masuk daerah tangkapan radar. Radar jenis ini sangat akurat dalam mengukur kecepatan radial. Contoh Radar doppler yaitu radar yang digunakan untuk mendeteksi cuaca.
  • Bistatic radar
    Radar Bistatic adalah jenis sistem radar yang mempunyai komponen pemancar dan penerima sinyal dipisahkan oleh suatu jarak yang dapat dibanding dengan jarak target. Obyek dideteksi berdasarkan pantulan sinyal dari obyek tersebut ke pusat antena. Contoh Radar Bistatic yaitu radar pasif.
Prinsip Pengoperasian Radar
Radar pada umumnya beroperasi dengan menyebar tenaga elektromagnetik terbatas di dalam piringan antena yang bertujuan untuk menangkap sinyal dari benda yang melintas pada daerah tangkapan yang bersudut 20o  40o. Ketika suatu benda masuk dalam daerah tangkapan antena, maka sinyal yang ditangkap akan diteruskan ke pusat sitem radar dan akan diproses hingga benda tersebut nantinya akan tampak dalam layar monitor.
Kebanyakan radar citra dioperasikan pada frekuensi 1.25 dan 35.2 GHz (24 cm 0.8 cm). Panjang gelombang sinyal radar menentukan luas dari gelombang mikro yang dilemahkan dan / atau disebarkan oleh atmosfir.

jenis radar

Keterangan gambar:

  1. Doppler Radar
  2. Bistatic Radar
  3. Antena Radar
  4. Contoh Antena Radar
  5. Transmitter Radar
  6. Prinsip Kerja Radar











Untuk artikel lebih lengkap dan lebih jelas silahkan dilihat di : disini

2 komentar: